TIPS MUDAH TIDUR DAN JENIS- JENIS INSOMNIA

Tips Mudah Tidur
Tidur lelap itu nikmat sekaligus sehat. Namun , banyak yang tak bisa menjalani tidur berkualitas, bahkan terganggu hingga menjadi insomnia. Bagaimana menyikapinya?
1.      Cobalah tidur malam 8-9 jam setiap malam. Dengan tidur cukup, ketika bangun badan lebih bugar dan siap memulai hari dengan semangat.
2.      Bersantai sebelum tidur. Saat jam tidur, hindari kegiatan belajar yang terlalu memeras otak, berdiskusi atau berolahraga yang menguras tenaga.
3.      Ciptakan suasana tenang dan sepi sebelum tidur. Matikan video dan berhentilah bermain video game atau playStation.
4.      Atur pencahayaan yang tidak terlalu terang dikamar tidur. Pencahayaan temaram membuat badan “tune-in” bahwa inilah saatnya tidur. Sebaliknya nyalakan lampu yang terang pada pagi hari. Bila perlu, lakukan olah raga atau gerakan ringan.
5.      Untuk membangun mood, tata interior kamar  tidur dan kasur serapi mungkin atau sesuai selera masing-masing individu. Perhatikan juga aspek higienitas tempat tidur. Bila perlu semprotkan pengharum ruangan beraroma menenangkan .
6.      Atur suhu kamar tidur tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
7.      Cobalah mengganti kekurangan jam tidur sebisa mungkin. Misalnya tidur sejenak, tapi jangan pada sore hari. Tidurlah lebih lama pada akhir pekan namun jangan lebih dari 12 jam.
8.      Hindari stimulan seperti kafein saat siang dan petang apalagi menjelang tidur, hindari juga mengemudikan kendaraan saat mata mengantuk.
9.      Makanan jenis karbon hidrat seperti snack dari beras atau gandum umumnya lebih memicu kantuk ketimbang makanan berlemak dan berprotein tinggi.
10.  Jika tak bisa tidur, bangkit dan pergilah ke ruang lain , lalu lakukan sesuatu. Merajut adalah salah satu yang terbaik karena pekerjaan ini cenderung monoton sehingga mengantar kita untuk terkantuk-kantuk.
11.  Sulit tidur tidak melulu disebabkan faktor fisik. Jika anda memiliki beban psikologis seperti cek-cok dengan mertua misalnya, masalah tersbut tentunnya akan menggelayut pikiran. Untuk itu, cobalah selesaikan akar msalahnnya dulu dengan berdamai sehingga beban pikiran terlepas dan anda dapat tidur dengan nyaman.    



JENIS JENIS INSOMNIA

Insomnia Transient (jika keluhan sulit tidur terjadi kurang dari 1 minggu) penyebabnya: stres akut, terjadi perubahan pada irama sirkadian, jetlag, sistem kerja sift (bergiliran waktu)

Insomnia Jangka Pendek (jika keluhan sulit tidur terjadi dalam 1-4 minggu)
Penyebab: stres yang terus- menerus atau berkelanjutan (ongoing sterssor), penyakit akut (misal demam tifoid) dan efek samping pengobatan.

Insomnia Kronis (jika keluhan sulit tidur terjadi terjadi lebih dari 4 minggu)

Penyebab: terjadi perubahan struktur kimia otak dan hormon otak, adanya penyakit tertentu, atau terdapat ganguan psikiatrik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh proposal lomba tata upacara bendera dan baris berbaris (LTUB)

CONTOH LAPORAN MPLS TAHUN 2017

form penilaian sholat dhuha